Obyek wisata Pule Payung, Kulonprogo

Girikartonews.co.id,Kulon Progo – Destinasi wisata asal Kulon Progo kembali memperoleh pengakuan nasional.

Dalam ajang Anugherah Pesona Indonesia (API) 2019 di Jakarta beberapa waktu lalu, objek wisata Ple Payung  di Kokap menyabet gelar juara 1 nasional untuk kategori destinasi baru terpopuler.

Dalam ajang penghargaan itu Pule Payung  berhasil mengungguli destinasi dari beberapa wilayah lain di Indonesia.

Antara lain Danau Love dari Kabupaten Jayapura sebagai juara 2 dan Tepian Bandar Sungai Jantan dari Kabupaten Siak sebagai juara 3.

Pule Payung dalam hal ini memperoleh total perolehan 896.339 suaramelalui 4 buah saluran voting yang digunakan yaitu SMS Premium (semua operator), Aplikasi API Award, Aplikasi PrajaTV, dan Youtube Video Channel.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kulon Progo, Nining Kunwantari mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Pile Payung tersebut.

Hal itu menambah banyak destinasi dan atraksi asal Kulon Progo yang mendapat penghargaan nasional itu.

Sebelumnya, di 2018, Kulon progo meraih dua penghargaan sekaligus dalam API yakni Tari Angguk sebagai juara 1 tingkat nasional Kategori Atraksi Budaya Terpopuler dan Kebun Teh Nglinggo sebagai juara 3 nasional kategori Ekowisata Terpopuler.

“Yang dicapai Kulon Progo lewat Pile Payung sangat membangggakan. Dengan predikat ini, harapannya ke depan kepariwisataan Kulon Progo lebih menggeliat lagi dan lebih banyak wisatawan datang,” kata Nining, Kamis (28/11/2019).

Apresiasi lain dari Dinas Pariwisata adalah bahwa Pule Payung merupakan satu di antara objek wisata yang bukan dikelola pemerintah melainkan swadaya masyarakat.

Hal itu tentunya jadi kebanggan tersendiri karena membawa semangat pemberdayaan masyarakat sekitar.

Pihaknya juga berharap hal serupa bisa dilakukan destinasi-destinasi lain yang dikelola mandiri oleh masyarakat dalam meningkatkan layanan kepariwisataannya.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinpar Kulon Progo, Yudono Hindri Atmoko mengatakan ada empat destinasi di DIY yang masuk nominasi API 2019 namun hanya Pule Payung yang berhasil keluar sebagai juara pertama.

Hal ini menjadi prestasi membanggakan sekaligus jadi motivasi untuk lebih meningkatkan pelayanan wisata ke depannya.

Penghargaan API untuk Pule Payung ini akan berdampak pada popularitas obyek wisata lainnya di Kulon Progo terutama dalam menyikapi bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur serta rencana pembangunan konektivitas Bedah Menoreh yang menghubungkan bandara YIA dengan Candi Borobudur.

Adapun saat ini Kulon Progo memiliki 38 detinasi wisata baru yang bermunculan. Dengan perannya sebagai penyangga KSPN Borobudur, pariwisata Kulon Proigo memang harus disiapkan dan dikembangkan bersama.

“Setelah ada penghargaan ini, kunjungan wisatawan di Pule Payung cenerung meningkat. Kita memang berharap angka kunjungan wisata ke sana bisa terdongkrak setelah melalui API ini,”kata Yudono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here